Senin, 26 Agustus 2013

Koneksi Gateway RB751 dengan Modem ADSL



  • Peralatan :

  • Langkah-langkah Mengoneksikan Gateway RB751 dengan Modem ADSL

  1. Pertama buka winBoxnya
  2. Silahkan pasang kabel UTP dari laptop atau Utp di port 2,3 atau 5 tidak disarankan buat memsang di port 1 ( Contoh saya memasang di port 2 )
  3. Scan WinBox
  4. Klick Mac Address di boardnamenya dengan login "admin" dan pass "dikosongkan"
  5. Setelah itu Connect

  • Terlebih dahulu kita mencoba menkonfigurasi hasil kita sendiri dengan cara buang (reset) winbox dari setelan pabrik sendri


  1. Klick New terminal pada winbox
  2. Ketikan di terminal "system reset-configuration" enter
  3. Setelah itu Ketik "Y" (Tunggu beberapa detik kira-kira 10-15 detik)


  • Setelah itu selesai kemudian kita Login kembali dan baru kita menkonfigurasi secara utuh hasil karya kita sendiri


  1. Klick Mac Address di boardnamenya dengan login "admin" dan pass "dikosongkan" 
  2. Setelah itu Connect
  3. Setelah masuk Klick "Remove Configuration" ( Otomatis akan terputus secara sendiri, jika tidak terputus putuskan sendiri)


  • Jika sudh di bersihkan, masuk kembali dan kita lanjutkan dengan konfigurasi kita sendiri
  • Oke mulai dari sini kita konfigurasi untuk mengerjkan masalah yg ada di atas
  1. Masuk ke menu Interfaces, lalu koneksikan kabel modem ke Ether1 dan Ether2 ke PC anda (buat Setting)
  2. Setelah itu meminta atau (Request) IP address dari modem : Klick IP => DHCP Client, Interface: Ether 1 ( Port atau Ether berapa yang terkoneksi langsung dengan modem ADSL) : Apply , OK

  3. Setelah itu, atur IP address untuk ether2 dengan ether-wlan ::::: *IP address ether2 = 192.168.2.1/24, interface: ether2, kemudian apply lalu ok ::::: *IP address ether-wlan1 = 192.168.3.1/24, interface: wlan1, kemudian apply lalu Ok.

  4. Kemudia Setting IP DNS : Klick IP => DNS, Isi DNS Server : 202.134.0.155 ::::: Centang "Allow Remote Requests" Berguna agar client diijinkan untuk request DNSnya. Kemudian klik ok.

  5. Setting Firewall : Klick IP => Firewall => Pilih NAT => Klick Tanda "+" => chain : "srcnat", out interface: ether1 (interface yang langsung terhubung ke modem ADSL), pindah ke tab Action lalu pilih "masquerade". Kemudian apply lalu Ok.




  6. Buat IP DHCP Client ( agar client mendapatkan IP secara otomatis ). Klick IP =>  DHCP server => klik DHCP setup =>pilih ether2, next saja sampai di bagian lease time, pilih durasi yang diinginkan.








  7.  Untuk koneksi wireless, masuk ke menu wireless, lalu enable-kan "wlan1".
  8. Untuk menyeting menu wireless, masuk ke tab Security Profile, masukkan profile name (terserah anda), isikan password dengan kombinasi huruf dan angka, contoh disini adalah: peserta123, klik Apply lalu Ok.


  9. Masuk ke tab Wireless, mode: ap bridge (mode untuk menyebarkan, agar client dapat terkoneksi), masukkan SSID (terserah anda), di bagian security profile pilih profile yang sudah anda buat tadi. Klik Apply lalu Ok

  10. Agar client dapat terkoneksi dan mendapat IP secara otomatis (DHCP) buka (Statik), kembali ke menu IP --> DHCP server --> Interface : "wlan1" --> next sampai di bagian lease time, lalu atur waktu sesuai yang anda inginkan.

  11. Lakukan koneksi ke local terlebih dahulu dengan menggunakan kabel (pasang di ether2, dan pastikan mendapatkan IP address: 192.168.2.x)
  12. Setelah itu, Untuk mencobanya Lakukan browsing, jika bisa, maka konfigurasi untuk LAN atau konfigurasi menggunakan kabel telah berhasil.
  13.  Untuk koneksi wireless-nya, cabut kabel dari laptop/PC, kemudian aktifkan wireless dan koneksikan ke SSID yang telah dibuat. Kemudian isikan password yang telah dibuat di security profile. Pastikan mendapatkan IP (192.168.3.x)
  14. Lakukan browsing, jika bisa, maka konfigurasi untuk wireless telah berhasil.
  15. Selesai 

CheHacks Team © 2014 - Designed by CheHacks Team, Plugins By MyBloggerLab.com